+62 851 5501 0877 kalajourneyindonesia@gmail.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Anda Pecinta Kopi? Ayo Kunjungi 5 Wisata Kopi di Jawa Barat!

kalajalan

Menyeruput kopi sambil ngobrol hal-hal positif di waktu senja merupakan kombinasi yang baik untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat. Namun, suasana tersebut akan menjadi sempurna apabila dikombinasikan dengan kegiatan travelling bersama di tempat penghasil kopi.

Ya, menikmati kopi langsung dari tempatnya bersama teman-teman akan menjadi kenangan yang berarti bagi para pecinta kopi sejati. Nah, bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, Anda dapat mengunjungi beberapa daerah berikut di Jawa Barat yang tidak jauh dari tempat tinggal Anda. Destinasi wisata berikut bisa saja menjadi opsi liburan pendek Anda bersama teman, keluarga, atau pasangan, tentunya yang merupakan pecinta kopi juga.

Berikut ini 5 destinasi wisata kopi yang dapat Anda kunjungi di Jawa Barat.

1. Sukawangi, Bogor

Sukawangi terletak di daerah Kabupaten Bogor dan berjarak sekitar 2-3 jam perjalanan darat dari Jakarta via Bogor. Kampung ini terkenal dengan hasil produksi kopi “banci” Robusta wine yang bercita-rasa Arabica yang khas. Di sini, kopi ditanam di area Gunung Sebelah, Bogor dengan ketinggian 1300 mdpl.

Sumber foto: Instagram @sukawangikopi

Anda dapat merasakan proses produksi kopi 1 siklus dari penanaman sampai cupping hasil kebun kopi tersebut. Tentunya, Anda tidak hanya disuguhi wisata kopi saja, namun Anda juga dapat menemukan beberapa wisata eksotis lainnya di sekitar daerah tersebut yang berjarak 15-30 menit dari lokasi, antara lain adalah Curug Ciherang, Curug Cipamingkis, Telaga Warna, dll.

Sumber foto: Instagram @sukawangikopi

2. Gunung Papandayan, Garut

Gunung Api Papandayan di Garut terkenal di kalangan kelompok pecinta alam yang sering mengadakan kegiatan pendakian gunung. Daerah ini berjarak 5-8 jam perjalanan darat dari Jakarta.  Banyak orang belum mengetahui kualitas kopi Papandayan yang dapat dinikmati sembari Anda mendaki gunung atau menikmati pemandangan di sekitar kaki gunung.

Keunikan kopi Papandayan terletak pada biji kopi yang berwarna kuning dan bercita-rasa tajam serta beraroma yang kuat. Anda juga dapat menikmati wisata lain di sana, antara lain Kawah Belerang, Padang Edelweis, Hutan Mati, Kolam Air Panas, dll

3. Gunung Cikuray, Garut

Gunung Cikuray terletak sekitar 1 jam perjalanan darat dari Gunung Papandayan dan merupakan daerah yang favorit di kalangan pecinta alam. Di sini, Anda dapat menikmati pendakian ditemani  kopi khas Cikuray yang otentik. Jenis kopi hasil Gunung Cikuray ditanam di ketinggian 2820 mdpl. Karena ditanam di daerah yang relative tinggi, cita rasa kopi ini memiliki aroma “kayu” yang sangat kuat, memiliki tingkat keasaman yang tinggi, serta rasa yang lebih bold.

Sumber foto: kopiwarga.com

Gunung Cikuray dapat dinikmati dengan kegiatan pendakian selama 8 jam dan perjalanan turun selama 4-5 jam. Hal yang bisa dinikmati dalam Gunung Cikuray adalah pemandangan sunrise dari Puncak Cikuray dan suasana hutan selama mendaki Puncak Cikuray.

4. Pengalengan, Bandung Selatan

Java Preanger Coffee merupakan umbrella branding untuk kopi Jawa Barat dan terkenal di kalangan pecinta kopi domestik dan internasional.  Di ketinggian 1500 mdpl, kebun kopi Java Preanger Coffee dapat diakses oleh para wisatawan, khususnya pencinta kopi untuk menikmati segelas kopi langsung di kebun kopinya. Selain itu, Anda dapat menikmati coffeeshop yang otentik dengan pemandangan kebun teh di Jalan SMPN 1 Pasir Mulya, yaitu Kopi Malabar Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Wisata sekitar daerah Pengalengan didominasi oleh wisata alam. Di sekitar destinasi, Anda juga dapat merasakan Pemandian Air Panas Cibolang, berinteraksi dengan rusa di Kampung Edukasi Cai Ranca Ras, rafting di Sungai Palayangan, dll.

5. Desa Sarongge, Cianjur

Desa Sarongge merupakan desa yang terletak di lereng Gunung Gede, Cianjur dan dapat ditempuh sekitar 2,5-3 jam perjalanan darat. Desa ini dikenal dengan produk kopi yang bercita-rasa asam lembut, segar buah, dan sedikit manis di ujungnya serta ditanam pada ketinggian 1000-1600 mdpl. Di sini, Anda dapat merasakan proses 1 siklus penanaman, pemetikan, proses pasca panen, sampai cupping produk kopi khas Sarongge.

Sumber : KALA Journey

Selain wisata kopi, Anda juga akan disuguhkan eksplorasi gula aren dan mencicipi gula aren segar dari Desa Pakuon. Tidak lupa di sana, Anda akan disuguhkan dengan masakan Sunda khas masyarakat lokal. Desa Sarongge ini mudah diakses dari Jakarta dan lebih budget friendly untuk short escape.

Sumber : KALA Journey

Jangan galau karena Anda dapat membooking perjalanan eksplorasi kopi Sarongge dan gula aren Desa Pakuon di kalajourney.com dengan harga yang terjangkau, fasilitas yang nyaman, dan pengalaman yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain. Segera booking paket wisata edukasi kopi yang Anda inginkan dan jangan lewatkan promo-promo yang dapat menghemat budget perjalanan liburan Anda.

Leave a Reply