+62 851 5501 0877 kalajourneyindonesia@gmail.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

5 Hal yang Mungkin Tidak Anda Ketahui Tentang Kopi Indonesia

Sekarang, semua orang tahu kalau kopi Indonesia sudah mendunia, bahkan dunia internasional mengakui kualitas dan rasa kopi Indonesia. Berbagai penghargaan internasional sudah “disabet” oleh kopi-kopi Indonesia sejak dulu sehingga banyak orang dari berbagai belahan dunia datang ke Indonesia.

Wajar, orang Indonesia sendiri mulai sadar dan “kepo” tentang cita rasa kopi dari berbagai daerah Indonesia. Bagi Anda yang mulai “kepo” dengan kopi Indonesia, yuk simak beberapa fakta berikut yang mungkin Anda tidak ketahui sebelumnya tentang kopi Indonesia.

1. Kopi Indonesia Bukan dari Indonesia

Kopi yang ditanam di Indonesia, pertama kali, dibawa oleh pasukan Belanda di Malabar India, Adrian Van Ommen, atas perintah Walikota Amsterdam, Nicholas Witsen, pada tahun 1696. Awalnya, kopi ditanam di sekitar daerah Batavia namun tidak berhasil karena banjir. Lalu, pemerintah Belanda memerintahkan pembukaan lahan di daerah Jawa Barat dengan daerah perkebunan pertama di Priangan .

Sumber foto: Situmang.com

Sejak 1711, Perusahaan Hindia Belanda memonopoli produksi dan perdagangan kopi dalam perjanjian Koffiestelsel (Sistem Tanam Paksa Kopi) dengan warga lokal setempat. Sejak saat itu, biji kopi produksi Jawa Barat mendominasi pasar Eropa dan terkenal dengan branding Java Preanger Coffee.

Sumber foto : hariansejarah.id

2. Satu Negara, Berjuta Rasa, Satu Pulau, Beribu Rasa

Sejak sistem tanam paksa kopi di Jawa Barat, pemerintah Belanda menyebarkan bibit kopi ke seluruh daerah jajahannya di Indonesia. Kopi ditanam dengan keadaan geografis yang beragam, dipanen dengan teknik yang unik, serta diproses dengan tahapan yang bervariasi setiap daerahnya. Ya, rata-rata satu provinsi di Indonesia memiliki lebih dari 5 variasi rasa kopi.

Sumber foto : tanihood.com

Lewat proses yang bermacam-macam, muncul beberapa kopi-kopi unik yang banyak diincar wisatawan domestik bahkan wisatawan mancanegara dari seluruh dunia, antara lain adalah kopi luwak/civet coffee yang berasal dari kotoran luwak/musang kelapa (Paradoxurus hermaphroditus), kopi wine/wine coffee yang “beraroma” alkohol tapi tidak beralkohol, kopi hijau/green coffee asal Tulungagung, dan kopi kuning Papandayan dari Garut.  

Sumber foto : Industrytap.com

3. Kopi Tidak Hanya Mengenai Minuman Kopi!

Umumnya, orang sering mengaitkan tanaman kopi dengan minuman kopi karena olahan kopi yang paling sering dikonsumsi adalah minuman kopi. Banyak orang tidak tahu bahwa tanaman kopi dari daun sampai akar dapat diolah dan menghasilkan nilai ekonomis yang berarti bagi petani kopi.

Sumber foto : Shopify.com

Daun kopi yang sering dipangkas dan dibuang ternyata dapat diseduh layaknya minuman teh. Minuman ini dikenal dengan nama “Kopi Kawa” atau “Kawa Daun” di Sumatera Barat, memiliki rasa pekat kopi, serta sejak dulu menjadi minuman pereda maag, obat diabetes, dan menurunkan kolesterol. Di Jember dan Banyuwangi, kayu pohon kopi dimanfaatkan juga sebagai bahan furniture yang berkualitas baik untuk meja, kursi, dan tasbih. Selain itu, akar tanaman kopi yang tidak produktif dapat dimanfaatkan untuk barang kerajinan seni yang bernilai tinggi di Bengkulu bahkan sudah menembus pasar internasional.

Sumber foto : Jurnalasia.com

4. Kopi dan Kebudayaan di Indonesia

Kebiasaan minum kopi sudah sangat dekat dengan kegiatan masyarakat Indonesia sejak dahulu. Dengan kata lain, kopi juga menjadi fungsi sosial di tengah masyarakat. Melalui secangkir kopi, obrolan santai (atau sering disebut “rumpi”) sering muncul sehingga banyak digunakan oleh berbagai pihak untuk melakukan negosiasi bisnis di kedai-kedai kopi.

Sumber foto : tstatic.net

Kopi juga digunakan ritual-ritual adat di Indonesia. Salah satunya adalah ritual di Keraton Solo setiap Selasa dan Kamis untuk memberikan sesajen kepada para dewa yang dipercaya dapat memberikan pencerahan dan koneksi secara spiritual.

Di Yogyakarta, budaya “ngopi” yang “merakyat” terlihat jelas pada suasana angkringan malam hari. Angkringan adalah gerobak tandu sederhana yang biasanya dikunjungi masyarakat pada malam hari sambil menikmati suasana Yogyakarta bersama secangkir kopi. Uniknya, di angkringan sendiri, semua orang dapat ikut larut pada topik bahasan walaupun tidak saling kenal sehingga budaya unik ini menjadi daya tarik juga bagi para wisatawan mancanegara.

Sumber foto : Tabeite.com

5. Kopi Bukan Hanya Tentang Perdagangan Biji Kopi

Kopi, dalam konteks bisnis, selalu dikaitkan dengan perdagangan (trading) biji kopi sehingga rantai bisnis kopi hanya terbatas pada produksi biji kopi untuk konsumsi minuman. Hal ini menimbulkan permasalahan keterbatasan area tanam bagi petani kopi di beberapa daerah mengingat harga tanah di Indonesia terus meningkat namun tidak diimbangi dengan kenaikan harga komoditas kopi.

Sumber foto : Webicnd.com

Solusi berupa wisata kopi menjadi salah satu alternatif mata pencaharian bagi para petani selain produksi biji kopi. Beberapa daerah penghasil kopi seperti Desa Sarongge, Kintamani, Toraja, dan daerah penghasil kopi lainnya, berhasil menciptakan lapangan pekerjaan baru berupa wisata kopi (coffee tourism) yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Sayangnya, kemampuan promosi dan aksesibilitas informasi wisata kopi di Indonesia masih terbatas sehingga tidak banyak orang mengetahui tempat-tempat wisata kopi di Indonesia.

Oleh karena itu, KALA Journey hadir sebagai penyedia layanan wisata edukasi kopi yang dapat membawa Anda menelusuri proses produksi kopi nusantara, mempelajari budaya masyarakat di daerah penghasil kopi, serta memberi Anda pengalaman yang tidak terlupakan selama berkunjung di destinasi-destinasi kopi pilihan. Tentunya, dalam perjalanan tour, Anda diberikan fasilitas akomodasi yang nyaman dan informasi yang lengkap oleh tourist guide yang berpengalaman serta dikemas dalam paket wisata kopi yang budget-friendly. Segera pesan paket wisata kopi via official website www.kalajourney.com untuk mendapatkan pengalaman menelusuri kopi nusantara yang tidak terlupakan.

Leave a Reply