+62 851 5501 0877 kalajourneyindonesia@gmail.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

5 Cara Unik Minum Kopi di Indonesia

Masyarakat Indonesia sejak dulu sudah familiar dengan kebiasaan minum kopi atau sering disebut “ngopi”. Dari kalangan elit politik sampai kalangan pekerja buruh, kebiasaan minum kopi seakan menjadi identitas yang melekat pada masyarakat Indonesia hingga hari ini.

Pengaruh budaya, kebiasaan sehari-hari, tren, bahkan tradisi turun temurun di kalangan masyarakat menghasilkan berbagai cara unik untuk menikmati beverage legendaris ini. Nah, KALA Journey sudah merangkum beberapa tips dan trik ngopi yang unik dan yang tentunya bisa Anda coba satu per satu.

1. Ngopi Kuliner di Daerah Penghasil Kopi

Sumber foto : Akurat.co

Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tidak heran, cara minum kopi setiap daerah berbeda-beda. Jika Anda penggemar kopi sekaligus penggemar durian, Anda harus berkunjung ke Sidikalang karena di sana Anda dapat menikmati racikan kopi Sidikalang yang dipadukan dengan durian khas Sidikalang.

Selain itu, tidak jauh dari Sidikalang, Anda dapat berkunjung juga ke Mandailing dan menikmati Kopi Takar yang dicampur gula aren dan kayu manis serta disajikan di sebuah batok kelapa.

Sumber foto : wowkeren.com

Atau, Anda juga dapat menikmati Kopi Joss yang diseruput bersama arang yang membara ditemani malam Yogyakarta yang syahdu. Ya, Indonesia sangat kaya dengan teknik penyajian kopi tradisional sehingga akan sangat rugi apabila Anda melewatkan kesempatan mengeksplorasi kopi di Indonesia .

Sumber foto : Travelingyuk.com

2. Ngopi Cantik Ala-Ala di Coffee Shop yang Instagrammable

Kata millennials, “instagrammable is a must for a coffee shop”. Ya, mayoritas millennials, hari ini, sering menghabiskan waktu di toko-toko kopi yang “instagrammable” dengan motivasi untuk sekedar hobi sampai kepentingan insta-story dan feeds. Nah, di Sleman, Anda dapat menemukan Klinik Kopi (@klinikkopi), kedai kopi yang didekorasi dengan foto-foto sejarah kopi sekaligus tempat shooting Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2). Sambil menikmati secangkir kopi, Anda dapat mendengarkan kisah perjalanan biji kopi yang Anda nikmati juga.

Sumber foto : Ottencoffee.co.id

Jika Anda akan atau sedang berlibur ke Ubud, Anda dapat singgah dan “ngopi” di Seniman Coffee (@senimancoffee). Kedai kopi ini didirikan oleh David Sullivan dan Rodney Glick pada 2010 dengan konsep seni dan kopi. Perpaduan konsep seni dan kopi ini menghasilkan desain interior yang unik sehingga kedai kopi ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menghias feeds Instagram.

Sumber foto : slingadventures.com

Beralih dari Bali, apabila Anda sedang berkunjung ke Bandung, Anda dapat menikmati desain interior garasi yang artsy sambil menikmati latte yang dipadukan dengan rasa manis, creamy, herb, dan susu di Two Hands Full (@thfcoffee).

Sumber foto : infobdg.com

3. Ngopi di Kedai Kopi Legendaris

Setelah ngopi ala-ala di kedai kopi yang “instagrammable”, Anda juga dapat menelusuri beberapa kedai kopi legendaris di beberapa daerah. Tidak sedikit daerah di Indonesia yang memiliki kedai kopi legendaris yang berusia lebih dari 50 tahun. Umumnya, di kedai kopi legendaris ini, Anda dapat mencicipi rasa kopi yang disajikan dengan resep turun-temurun serta yang diwariskan ke lebih dari 2 generasi.

Sumber foto : tripzilla.id

Kedai-kedai kopi legendaris tersebut, antara lain adalah Kopi Es Tak Kie di Jakarta yang berdiri sejak 1927, Warung Kopi Kong Djie di Belitung yang berdiri sejak 1943, Toko Kopi Nikmat di Singkawang yang berdiri sejak 1930, Warung Tinggi di Jakarta yang berdiri sejak 1878, dan Warung Kopi Purnama di Bandung yang berdiri sejak 1930. Umumnya, kekhasan dari setiap warung kopi tersebut terletak pada racikan kopi serta snack pendamping kopi yang khas di setiap daerahnya.

Sumber foto : Pesona.travel

4. Ngopi Langsung di Kebun Kopi

Sensasi ngopi langsung di kebun kopi merupakan sensasi yang sulit didapatkan jika Anda tinggal di daerah perkotaan. Beberapa penikmat kopi yang suka petualangan terkadang suka melakukan eksplorasi kopi ke daerah-daerah penghasil kopi yang terkenal, seperti Toraja, Kintamani, Wamena, Bajawa, atau Aceh. Ngopi di tengah kebun kopi dapat menambah kenikmatan kopi yang diseruput sekaligus dapat membuka mata pengetahuan akan kopi.

Sumber foto : rri.co.id

Seakan menonton diorama, di beberapa daerah tersebut, Anda dapat menyaksikan proses panjang tanam hingga panen bersamaan dengan kehidupan pertanian kopi. Kisah perjalanan biji kopi Indonesia yang dipadukan dengan suasana lokal juga menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan bahkan peneliti. Tidak jarang banyak orang mulai ingin turun mengunjungi kebun kopi walau harus menempuh medan ataupun jarak yang jauh sekalipun.

5. Ngopi Bersama KALA Journey

Setelah membaca dari poin 1 sampai 4, Anda pasti bertanya-tanya cara unik apa yang cocok dengan Anda atau cara unik mana saja yang harus Anda coba. Nah, kebetulan, KALA Journey (www.kalajourney.com) menyediakan berbagai perjalanan unik tentang edukasi kopi yang dapat membawa Anda merasakan pengalaman eksplorasi kopi Indonesia yang tentunya dipandu oleh  tourist guide yang berpengalaman.

Tenang, masalah harga? KALA Journey paham kebutuhan para petualang yang mencari perjalanan yang nyaman tapi budget friendly. Segera cek paket perjalanan yang Anda inginkan di www.kalajourney.com atau bisa cek Instagram KALA Journey di @kala.journey dan nantikan promo-promo perjalanan edukasi kopi menarik.

Leave a Reply